ARTIKEL ARGUMENTATIF


ROKOK ELEKTRIK SOLUSI TEPAT MEMBUNUH GENERASI
Oleh: Ananda Musdalifah


Rokok elektrik semakin beredar luas di Indonesia. Hadirnya rokok elektrik mendapat sambutan baik karena berpotensi menjadi solusi bagi masalah adiksi konsumsi rokok. Banyak pula yang menyebutkan, dengan alasan tidak menggunakan tembakau, rokok elektrik lebih sehat dibandingkan rokok konvensional. Bahkan awalnya, di beberapa negara maju, rokok elektrik telah digunakan sebagai alternatif pengganti rokok konvensional oleh masyarakat. Rokok elektrik juga digunakan sebagai upaya penghentian merokok secara bertahap maupun sebagai upaya pengurangan bahaya merokok. Di samping itu, terdapat hal yang tidak disadari, karena sebenarnya rokok elektrik pun tetap memiliki dampak berbahaya, mulai dari segi kesehatan sampai menimbulkan permasalahan sosial dengan maraknya ditemukan penyalahgunaan rokok elektrik di masyarakat.

Rokok elektrik hadir menawarkan produk dengan rasa yang beragam. Hal ini tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan, tetapi juga dapat mendorong kaum muda yang awalnya tidak merokok menjadi perokok. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, jumlah remaja AS yang mengaku menggunakan produk nikotin naik sekitar 36% tahun lalu. Hal tersebut sangat berkaitan dengan pertumbuhan penggunaan rokok elektrik yang semakin marak. Dengan demikian, rokok elektrik yang semula dianggap sebagai salah satu solusi masalah merokok, malah memiliki dampak mengerikan yang lebih berbahaya.

Pada remaja yang menggunakan rokok elektrik, dampak buruk lainnya akan terasa hingga ke otak. Pada usia remaja, bagian otak yang berfungsi untuk mengatur pembuatan keputusan dan mengontrol impuls belum terbentuk sempurna. Hal ini akan membuat remaja lebih gegabah dalam mengambil keputusan dengan mengesampingkan risiko-risiko yang lebih berbahaya, seperti mengonsumsi nikotin, alkohol, sampai menggunakan narkoba. Permasalahan penyalahgunaan rokok elektrik untuk narkoba pun saat ini sering ditemui. Hal ini menuntut tegasnya regulasi terkait peredaran produk rokok elektrik, karena merupakan permasalahan serius yang harus diselesaikan.

Meluasnya peredaran rokok elektrik saat ini menimbulkan banyaknya masalah dan penyalahgunaan di masyarakat. Maka pemerintah harus mempertegas regulasi terkait produk rokok elektrik yang beredar di Indonesia. Sebenarnya regulasi terkait hal itu memang sudah lama dibuat oleh Kementerian Perdagangan Indonesia, tetapi selalu mudah terpatahkan. Oleh karena itu, ketidaktegasan regulasi untuk mengawasi peredaran rokok elektrik harus segera ditindaklanjuti.
















Komentar