Arti Kenyamanan dalam Hidup Manusia


Gue ragu, apa benar setiap manusia butuh banyak teman? Apa iya dengan banyak teman itu mereka merasa nyaman?
Ada banyak hal di dunia ini yang kadang di luar rasionalitas manusia. Nggak masuk akal. Kadang gue suka benci sama diri sendiri karena nggak punya kemampuan untuk membuat orang lain nyaman. Buat sekedar ngobrol. Buat sekedar perhatian. Sekedar bagi cerita gak penting dan ketawa bareng. Hubungan gue dengan manusia-manusia yang gue kenal sekarang ini cuma rutinitas basa-basi. Senyum, sapa, tanya kabar, yang sebenarnya kita juga nggak pernah benar-benar saling peduli.
Hampa banget hidup yang kayak gini.

Buat cari yang namanya 'nyaman', banyak banget yang harus gue lewatin, banyak kegiatan yang gue ikutin, banyak juga orang yang gue kenal dan kenal gue. Tapi ternyata gue salah. Nyaman itu dimulai dari diri sendiri. Dari hati sendiri. Kalau hati sendiri aja gak pernah ngerasa nyaman, mana juga orang lain akan nyaman.

Dan itulah kegagalan gue jadi manusia. Entah karena kurang bersyukur atau apa, gue gak pernah nemu rasa nyaman dimanapun dan sama siapapun. Meski itu di hati dan sama diri gue sendiri. Justru lebih sulit!

Hidup rasanya kayak ngomong sendirian. Teman yang gue punya cuma angan-angan, sebatas idealisme atau khayalan wujud ideal temen yang gue pengen. Iya gue tau. Gue hampir gila dengan kesendirian ini! Iya. Gila!

Komentar