ASYIKNYA MENULIS DENGAN ONE DAY ONE POST




Aktivitas atau kegiatan menulis tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Sejak zaman purbakala sampai zaman modern, terutama di era milenial ini aktivitas menulis adalah sesuatu yang sangat vital dan selalu menjadi kepentingan bagi peradaban. Namun begitu, aktivitas menulis bukanlah hal yang mudah. Karena dalam menulis banyak sekali pengetahuan dan kiat-kiat yang dibutuhkan agar kita merasa senang dan mudah untuk menulis. Beragam kesulitan yang dialami itulah membuat banyak bermunculan komunitas-komunitas menulis. Salah satu komunitas ini adalah One Day One Post (ODOP). 

Sesuai dengan nama komunitasnya, ODOP mewajibkan setiap anggotanya untuk memposting satu tulisan setiap hari pada masing-masing blog pribadinya. One Day One Post (ODOP) yang didirikan oleh Bang Syaiha ini sudah meluluskan empat angkatan. Dan di awal tahun ini kembali dibentuk ODOP BATCH 5. Untuk menjadi anggota ODOP BATCH 5, para calon anggota diharuskan untuk membuat satu karya tulisan baru dengan genre bebas dan panjang tulisan minimal 300 kata. Kemudian tulisan ini diposting di blog atau media sosial masing-masing calon anggota. Lantas para penanggung jawab akan menyeleksi pendaftar. Jika sudah memenuhi persyaratan, para pendaftar akan dimasukkan ke dalam grup WhatsApp. Grup WhatsApp ini bernama ODOP BATCH 5, di mana grup ini adalah grup besar yang menampung seluruh anggota dan para penanggung jawab. Fungsi adanya grup besar adalah sebagai wadah interaksi dan berbagi antaranggota. Selain itu di grup besar juga rutin diadakan kelas atau materi online seputar dunia kepenulisan dengan para pemateri yang ahli di genrenya masing-masing. Selain bahasan materi yang luar biasa dan sarat dengan pengetahuan, cara penyampaian para pematerinya pun sangat hangat dan rileks sehingga mudah dipahami. 

Kemudian bagi anggota kelas online juga diperbolehkan untuk memberikan tanggapan, saran, atau pertanyaan. Selain ada grup besar ada pula grup kecil yang nama-namanya diambil dari nama-nama planet. Grup kecil ini mencakup sekitar 15-20 anggota ditambah dengan beberapa penanggung jawab. Di grup kecil ini juga sering diadakan bedah tulisan. Tulisan ini merupakan karya para anggota yang telah diposting di akun blog pribadinya. Bedah tulisan diadakan setiap hari Selasa, Rabu, dan Kamis. Bedah tulisan ini berguna sekali untuk menambah wawasan kita di dunia kepenulisan, karena kita dapat merefleksi kekurangan apa saja yang masih ada dalam karya kita. Kemudian setelah kedua grup tadi, ada lagi satu grup yang bernama SHARE LINK ODOP 5. Sesuai namanya, grup ini berfungsi untuk menyetor link tulisan yang telah dibuat para anggota di masing-masing blognya. Untuk kemudian setiap anggota diwajibkan untuk mengunjungi tautan (link) yang telah ditentukan para penanggung jawab, kegiatan ini biasa disebut Blog Walking. Blog Walking juga memiliki manfaat bagi semua anggota seperti untuk mencari ide baru, membandingan gaya tulisan, dan melihat tulisan dengan berbagi genre. Intinya komunitas One Day One Post ini bertujuan untuk menaungi dan membantu masyarakat Indonesia yang menyukai bidang literasi atau yang ingin memulai menulis dari awal.


#OneDayOnePost
#ODOPBATCH5
#TANTANGAN5

Komentar

Posting Komentar