SENYUM DAN KESEHATAN


Tersenyum sering kali menjadi yang sangat penting untuk kita yang untuk berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari. Karena senyum adalah salah satu faktor untuk membuat interaksi kita menjadi lebih hangat dan lebih nyaman satu sama lain. Tetapi tahukah selain untuk berinteraksi ternyata tersenyum juga dapat menyehatkan tubuh dan pikiran kita. Berikut beberapa manfaat senyum bagi kesehatan :
            1.    Dapat berpikir positif                 
Bagi orang yang sering tersenyum ia akan selalu berpikir positif dalam melakukan segala tindakan, sehingga apa yang di lakukannya akan mendapatkan hasil yang baik. Nah pikiran positif yang dihasilkan itu juga akan memberikan dampak positif bagi orang-orang di sekitarnya. Dengan begitu pikiran kita akan terasa lebih menyenangkan dengan aura postif yang kita ciptakan juga aura postif yang kita dpatkan dari orang-orang di sekitar kita.
2.    Dapat mencegah stress
Selain mendapatkan aura positif dan menyenangkan ternyata tersenyum juga dapat mencegah timbulnya stress akibat berbagai tekanan. Aura postif yang kita dapatkan akan memenuhi pikiran kita sehingga aura positif itu akan menekan tekanan-tekanan yang berpotensi besar menimbulkan stress.
3.    Dapat membuat seseorang terlihat lebih menarik
Secara tidak sadar senyum bisa membuat orang lebih menarik karena ada faktor daya tarik tertentu dan membuat seseorang terlihat lebih baik dibanding mengerutkan kening, cemberut atau meringis.

4.       Dapat membuat orang terlihat lebih muda

Otot-otot yang digunakan untuk tersenyum bisa membantu mengangkat wajah sehingga membuat orang tampak lebih muda. Karenanya cobalah lebih sering tersenyum yang membuat merasa lebih muda dan lebih baik.
5.    Detak jantung lebih lambat.
Tersenyum memperlambat detak jantung serta merilekskan tubuh. Hal ini memungkinkan jantung tidak bekerja terlalu keras. Orang yang sering tersenyum dan tertawa lebih sanggup menghindari penyakit jantung. Tersenyum juga dapat mengurangi tekanan darah.
6.    Memperpanjang umur
Meskipun kita mempercayai bahwa umur seseorang itu sudah digariskan oleh Yang Maha Kuasa dari sejak manusia masih di dalam kandungan, namun ada juga yang mengatakan bahwa banyak senyum dapat memperpanjang usia seseorang. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 dengan subjek penelitian 150 pemain Major Legue Baseball, menunjukkan bahwa pemain yang seringkali memiliki senyum asli dan berseri rata- rata mempunyai umur lebih panjang daripada para pemain yang hanya memiliki setengah senyuman saja. Senyum ini bukanlah berfungsi menambah masa hidup atau usia, namun menunjukkan bagaimana orang- orang menjalani hidup mereka.
7.    Meningkatkan kekebalan tubuh
Tahukah Anda bahwa dengan kita tersenyum maka kekebalan tubuh kita akan semakin meningkat? Ketika kita tersenyum maka sistem imun di dalam tubuh kita akan berfungsi dengan lebih baik. Hal ini akan menyebabkan kita menjadi lebih rileks dan tidak mudah terserang penyakit.
Itulah beberapa manfaat dari senyum yang luar biasa yang dapat kita rasakan manfaatnya secara langsung maupun secara tidak langsung. Beberapa manfaat dari senyum yang telah kita bahas di atas lebih banyak pada bidang kesehatan, dan beberapa adalah dari bidang psikologi.
Lalu, ada lagi manfaat  yang dapat diperoleh dari tersenyum ini, yakni dari segi agama Islam. Memang selain senyum ini menjaga kesehatan jasmani, senyum juga dapat memberikan dampak positif yang tinggi bagi kejiwaan atau kebatinan seseorang. Tersenyum juga dapat membersihkan jiwa. Selain itu tersenyum juga akan diberikan dampak- dampak kebaikan. Dalam agami Islam saja, senyum akan mempunyai arti atau kebaikan sebagai berikut:
·         Bernilai badah;
·          Menghargai kebaikan;
·         Mengobati hati, fikiran, dan juga jiwa;
·         Dapat menenangkan hati yang marah dan emosi yag berebihan;
·         Amal sholeh yang bernilai tinggi.

Itulah beberapa manfaat yang diperoleh oleh orang yang serigkali tersenyum baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Oleh karena itu banyak sekali kebaikan yang akan di dapat oleh orang yang biasa tersenyum daripada orang yang sulit untuk tersenyum.
Sumber :

#OneDayOnePost
#ODOPBATCH5


Komentar